Kamis, 28 Oktober 2010

STANDAR AKUNTANSI YANG BERLEBIHAN

Standar akuntansi yang berlebihan pada umumnya dihubungkan dengan perkembangan standar akuntansi. Misalnya pada situasi :
1. Standar terlalu banyak dan detail, tidak ada standar yang tegas yang membuat pemilihan aplikasi menjadi sulit.
2. Pengungkapan yang berlebihan atau pengukuran yang rumit atau kedua-duanya.
Perlu waktu bertahun-tahun untuk tumbuh dan berkembang hingga sampai pada tahapan menjadi masalah yang serius. Beberapa factor diantaranya adalah :
1. Mengenai berbagai pertanyaan mengenai apa yang sebaiknya diungkapkan dan yang tidak diungkapkan, sehingga para akuntan mengeluarkan standar yang lebih banyak sehingga kecil kemungkinan untuk mendapatkan celah-celah pertanyaan.
2. Untuk melindungi kepentingan public dan membantu para investor .
3. Keinginan untuk memuaskan pengguna yang menuntut dibuatnya pengungkapan yang lebih detail.
Masalah standar yang berlebihan diperburuk dengan adanya perkembangan dari badan penyusun standar. Perkembangan GAAP telah dipengaruhi oleh badan-badan seperti SEC, AICPA maupun kongres. Contohnya : “ kredit pajak investasi dan pemberlakuan Foreign Corrupt Practies Act. Standar itu sendiri bukan hanya berlebihan jumlahnya namun juga aplikasinya terlalu sempit dan membutuhkan pedoman yang sangat detail.
DAMPAK
Kesempitan dan kekakuan dari standar akuntansi dapat memberikan dampak serius bagi :
1. Pekerjaan yang dilakukan oleh akuntan
Akuntan bias saja kehilangan konsentrasi pada pekerjaannya karena data yang diminta terlalu banyak untuk memenuhi standar yang ada. Dan kegagalan audit bias terjadi karena akuntan lupa melaksanakan prosedur audit yang mendasar karena kehilangan focus terhadap pekerjaannya.
2. Nilai dari informasi keuangan bagi pengguna
Pengguna mengalami kesulitan karena terlalu banyak catatan yang ada dengan banyak istilah, yang mungkin hanya dimengerti oleh akuntan senior.
3. Keputusan bisnis yang dibuat manajemen
Mereka dapat saja menulis ulang kontrak2 dan mengubah praktek bisnis sehingga tidak harus patuh terhadap beberapa standar akuntansi tertentu.


SOLUSI
AICPA mengevaluasi pendekatan untuk kasus standar akuntansi yang berlebihan.
1. Tidak ada perubahan
2. Menciptakan GAAP yang terpisah bagi entitas tertentu, mis : untuk perusahaan2 non public kecil
3. Menyederhanakan aplikasi GAAP untuk seluruh perusahaan bisnis
4. Dibuatnya pengungkapan yang berbeda dan alternatif2 pengukuran
5. Perubahan standar CPA untuk pelaporan laporan keuangan
6. Satu alternative dari GAAP sebagai dasar dalam menyajikan laporan keuangan
Pendekatan yang didasarkan pada pengungkapan yang berbeda dan pengukuran alternative untuk perusahaan2 non public kecil, mungkin adalah salah satu solusi yang baik untuk masalah standar yang berlebihan.
Cara untuk mengimplementasikan pendekatan ini adalah dengan membuat pengecualian kepada mereka dari tiap detail standar yang ada.
Kemudian komite menyarankan dikeluarkannya “laporan keuangan berdasarkan atas nasis komprehensif akuntansi yang lainnya / other comparative bases of accounting-OCBOA” yang akan membantu meringankan perusahaan non public kecil dari berlebihannya standar akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar